Rss Feed

manusia dan kebudayaan dan manusia dan cinta kasih

A.Manusia dan Kebudayaan

Manusia
Dipandang dari segi ilmu eksakta, manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jaringan sistem yang dimiliki oleh manusia ( ilmu kimia ). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi ( ilmu fisika ). Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan  mahluk mamalia ( biologi ). Dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atu selalu memperhitungkan setiap kegiatan, sering disebut homo economicus ( ilmu ekonomi ).  Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri ( sosiologi ), mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan ( politik ). Dan lain sebagainya.

    Manusia itu terdiri dari empat unsur yang saling terkait, yaitu :

a.    Jasad
b.    Hayat
c.    Ruh
d.    Nafas
2.    Manusia sebagai satu kepribadian yang mengandung 3 unsur yaitu :
a.    Id
b.    Ego
c.    Superego

Hakekat Manusia :

    Mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh
    Mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan denan mahluk lainnya
    mahluk biokultural yaitu mahluk hayati yang budayawi
    Mahluk Ciptaan Tuhan yang terkait dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja  dan berkarya

Pengertian Kebudayaan
               Menunjukkan bahwa kebudayaan itu merupakan keseluruhan dari pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial, yang digunakan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan yang dihadapi, untuk memenuhi segala kebutuhannya serta mendorong terwujudnya kelakuan manusia itu sendiri.Atas dasar itulah  para ahli mengemukakan adanya unsur kebudayaan yang umumnya diperinci menjadi 7 unsur yaitu :

    unsur religi
    sistem kemasyarakatan
    sistem peralatan
    sistem mata pencaharian hidup
    sistem bahasa
    sistem pengetahuan
    seni

Bertitik dari sistem inilah maka kebudayaan paling sedikit memiliki 3 wujud antara lain :

    Wujud sebagai suatu kompleks dari ide, gagasan, norma, peraturan dan sejenisnya. Ini merupakan wujud ideal kebudayaan. Sifatnya abstrak, lokasinya ada dalam pikiran masyarakat dimana kebudayaan itu hidup
    Kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat
    Kebudayaan sebagai benda hasil karya manusia

B.Manusia dan Cinta Kasih

Pengertian Cinta Kasih
Menurut kamus umum bahasa Indonesia karya WJS Poerwadarminta. Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada). Ataupun rasa sangat kasih atau sangat tertarik hatinya sedangkan kata kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan . Pengertian tentang cinta dikemukakan oleh Dr. Sarlito.W.Sarwono. dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan, keintiman, dan kemesraan. Didalam kitab suci Al Quran ditemui adanya fenomena cinta yang bersembunyi dalam jiwa manusia. Cinta memiliki 3 tingkatan yaitu tinggi, menengah dan rendah.

Kasih Sayang
Kasih sayang  adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.

Kemesraan
Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.

Pemujaan
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.

Belas Kasihan
Dalam surat Yohanes dijelaskan ada 3 macam cinta. Cinta Agape ialah cinta manusia kepada Tuhan. Cinta Philia ialah cinta kepada ibu bapak (orang tua) dan saudara. Dan ketiga cinta erros atau amor ini ialah cinta antara pria dan wanita. Beda antara cinta amor dan eros  ini adalah citna eros cinta karena kodrati sebagi laki-laki dan perempuan, sedangkan cinta amor karena unsur-unsur yang sulit dinalar, misalnya gadis normal yang cantik mencintai dan mau menikahi seorang pemuda yang kerdil.


C. Manusia dan Penderitaan

Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya  menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin.
Siksaan
Siksaan dapat diartikan sebagai siksaan badan atau jasmani, dan dapat juga berupa siksaan jiwa atau rokhani. Akibat siksaan yang dialami seseorang, timbulah penderitaan. Siksaan yagn sifatnya psikis bisa berupa : kebimbangan, kesepian, ketakutan.
Kekalutan Mental
Penderitaan batin dalam ilmu psikologi dikenal sebagai kekalutan mental. Secara lebih sederhana kekalutan mental adalah gangguan kejiwaan akibat ketidakmampuan seseorang menghadapi persoalan yang harus diatasi sehingga yang bersangkutan bertingkah laku secara kurang wajar. Gejala permulaan bagi seseorang yang mengalami kekalutan mental adalah :

    Nampak pada jasmani yang sering merasakan pusing, sesak napas, demam, nyeri pada lambung
    Nampak pada kejiwaannya dengan rasa cemas, ketakutan, patah hati, apatis, cemburu, mudah marah

Tahap-tahap gangguan kejiwaan adalah :

    Gangguan kejiwaan nampak pada gejala-gejala kehidupan si penderita bais jasmani maupun rohani
    Usaha mempertahankan diri dengan cara negative
    Kekalutan merupakan titik patah (mental breakdown) dan yang bersangkutan mengalam gangguan

Sebab-sebab timbulnya kekalutan mental :

    Kepribadian yang lemah akibat kondisi jasmani atau mental yang kurang sempurna
    Terjadinya konflik sosial budaya
    Cara pematangan batin yang salah dengan memberikan reaksi yang berlebihan terhadap kehidupan sosial

Bentuk fustasi antara lain :
1.    Autisme;
2.    Narsisme
3.    Identifikasi
4.    Proyeksi
5.    Fiksasi
6.    Regresi
7.    Agresi






Salah satu reaksi ketika kekerasan hadir di dalam rumah tangga :

sumber detik.com
Jakarta Remaja putri berinisial L (15), korban kekerasan ibu angkat yang berprofesi dokter, sempat kabur dari rumah aman Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di kawasan Bambu Apus, Jakarta Timur dini hari tadi. Namun L berhasil ditemukan kembali di salah satu masjid di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"L kabur dari rumah aman sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi dengan cara menjebol pintu," kata Sekjen KPAI, M Ikhsan, saat berbincang dengan detikcom, Kamis (9/2/2012).

Ikhsan mengatakan, L ditemukan warga warga sekitar di salah satu masjid di kawasan TMII, Jakarta Timur. Kepada warga tersebut, L mengatakan bahwa dia selama ini tinggal di rumah aman KPAI.

"Nah kebetulan, warga tersebut mengenal petugas KPAI sehingga kemudian menghubungi petugas kami dan kami menjemputnya pada pukul 16.00 WIB," katanya.

Ikhsan mengatakan, saat ditemukan, kondisi L terlihat bingung. Ikhsan menduga, L mengalami gangguan kejiwaan.

"Hasil interogasi petugas, dia sulit membedakan kondisi fakta dan halusinasi," ujarnya.

Bahkan, selama berada di rumah aman, L cenderung nekat dan sering berkata hendak bunuh diri. Untuk itu, KPAI akan membawa L kepada psikiater untuk mendalami kondisi kejiwaannya.

"Kita akan bawa dia ke rumah sakit untuk diperiksa psikiater karena dia sering mengancam akan bunuh diri bila permintaannya tidak dipenuhi," katanya.

Ia menduga, kondisi kejiwaan L yang saat ini labil adalah pengaruh dari kekerasan fisik yang dialami selama ini baik dari keluarga, maupun ibu angkatnya.

"Mungkin pengalaman-pengalamannya selama ini yang membuatnya depresi seperti itu," imbuhnya.

Sementara itu, terkait kasus kekerasan dokter yang menjadi ibu angkat korban yang dilaporkan ke Polda Metro Jaya beberapa pekan lalu, Ikhsan mengatakan bahwa kasus tersebut masih dalam proses penyelidikan.

"Baru pemanggilan saksi-saksi saja. Saat ini, polisi masih menelusuri tempat tinggal dokter tersebut," pungkasnya

0 komentar:

Posting Komentar